Memisahkan dua jalur koneksi dalam 1 mikrotik

Kebutuhan  akses internet yang didalam kantor/perusahaan/bisnis rt.rw net biasanya mempunyai beberapa jalur koneksi atau berlangganan dengan lebih dari 1 isp baik itu digunakan untuk sebagai backup saja atau memang keduanya mau dipakai semua.

Tentunya bila ingin dipakai semua biasanya para tekhnisi menggunakan cara di load balancing di mikrotik , jadi bandwith kedua isp tersebut dijadikan menjadi satu. tetapi ada atas permintaan menginginkan agar dipisahkan antara misalnya koneksi komputer 1 ingin menggunakan isp1 dan komputer 2 menggunakan isp 2 tapi dalam satu mikrotik. hal ini kita bisa memanfaatkan mark routing dan mangle di mikrotik .

isp 2

gambar mikrotik.co.id

saya contohkan disini misal dari

isp 1      ip : 172.16.1.5 gateway 172.16.1.1

isp2       ip : 10.10.10.5 gateway 10.10.10.1

Pertama Masukkan kedua ip tersebut di ip address mikrotik lalu kita pastikan dulu isp mana yang ingin dijadikan default, misalkan isp A yang ingin dijadikan default , maka setting dulu mikrotik seperti biasa dengan sumber koneksi utama menggunakan isp A. ( Baca : Cara Setting Mikrotik Routerboard )

Info dahsyat

Selanjutnya adalah membuat mangle , masuk ke menu ip >firewall >mangle lalu tambahkan ( new ) seperti gambar berikut :

mangle 2 isp

selanjutnya ke menu ip route , konfigurasikan seperti gambar berikut :

routeSetelah di ok semua masuk ke menu ip firewall address list , lalu masukkan beberapa ip yang ingin di arahkan ke isp 2 seperti berikut :

addresst list

dengan demikian maka ip ip yang ada di addresst list tersebut koneksinya akan mengarah ke koneksi dari ISP 2 dan apabila ingin dikembalikan ke koneksi isp 1 maka tinggal disable saja .

Demikian semoga membantu

jas set mikrotik

9 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.