Memisahkan dua jalur koneksi dalam 1 mikrotik

Kebutuhan  akses internet yang didalam kantor/perusahaan/bisnis rt.rw net biasanya mempunyai beberapa jalur koneksi atau berlangganan dengan lebih dari 1 isp baik itu digunakan untuk sebagai backup saja atau memang keduanya mau dipakai semua.

Tentunya bila ingin dipakai semua biasanya para tekhnisi menggunakan cara di load balancing di mikrotik , jadi bandwith kedua isp tersebut dijadikan menjadi satu. tetapi ada atas permintaan menginginkan agar dipisahkan antara misalnya koneksi komputer 1 ingin menggunakan isp1 dan komputer 2 menggunakan isp 2 tapi dalam satu mikrotik. hal ini kita bisa memanfaatkan mark routing dan mangle di mikrotik .

isp 2
gambar mikrotik.co.id

saya contohkan disini misal dari

isp 1      ip : 172.16.1.5 gateway 172.16.1.1

isp2       ip : 10.10.10.5 gateway 10.10.10.1

Pertama Masukkan kedua ip tersebut di ip address mikrotik lalu kita pastikan dulu isp mana yang ingin dijadikan default, misalkan isp A yang ingin dijadikan default , maka setting dulu mikrotik seperti biasa dengan sumber koneksi utama menggunakan isp A. ( Baca : Cara Setting Mikrotik Routerboard )

Selanjutnya adalah membuat mangle , masuk ke menu ip >firewall >mangle lalu tambahkan ( new ) seperti gambar berikut :

Info dahsyat

mangle 2 isp

selanjutnya ke menu ip route , konfigurasikan seperti gambar berikut :

routeSetelah di ok semua masuk ke menu ip firewall address list , lalu masukkan beberapa ip yang ingin di arahkan ke isp 2 seperti berikut :

addresst list

dengan demikian maka ip ip yang ada di addresst list tersebut koneksinya akan mengarah ke koneksi dari ISP 2 dan apabila ingin dikembalikan ke koneksi isp 1 maka tinggal disable saja .

Update : Bagi Yang bermasalah tidak bisa akses antar lokal maka bisa cek solusi di postingan terbaru Antar Lokal Tidak bisa akses Pada load Balancing atau Routing Dengan Addrest List

Demikian semoga membantu

jas set mikrotik

23 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.