Mendeteksi DHCP Lain Masuk Di Jaringan

Pernahkah tiba tiba jaringan anda terdapat beberapa client yang tidak konek , baik jaringan anda dengan statik ip atau dhcp bahkan pppoe atau yang lain ? nah kebetulan saya pernah dan kali ini akan saya sedikit share pengalaman yang terjadi di jaringan saya.

kasus ini kebetulan dijaringan hotspot saya dimana banyak laporan pelanggan voucer saya tidak bisa konek lalu saya mencoba cek, ternyata router saya sekilas aman aman saja , saya pun mencoba mengkonekkan smartphone saya nah disini ketemu masalahnya ternyata hp saya mendapatkan ip dari dhcp server lain, saya pun mencoba menelusuri ternyata dikarenakan ada salah satu accespoint saya yang ke reset default yang mengakibatkan dhcp nya aktiv dan menyebar kemana mana .

Cukup ya cerita saya di atas saya kira anda sudah bisa menangkap inti permasalahan dan langsung saja solusi yang saya terapkan saat ini adalah dengan mendapatkan pemberitahuan langsung ketika ada dhcp lain masuk di network kita . sebenarnya saya sudah set sebelumnya di router saya saya mengaktivkan dhcp alert ternyata tidak begitu pengaruh ( silahkan cari di google dhcp alert )

Kebetulan disini saya sudah mempunyai boot telegram supaya pemberitahuan bisa masuk ke telegram saya , bila anda belum mempunyainya anda juga bisa searching dahulu tentang boot telegram ini atau bisa juga supaya masuk di log mikrotik kalo belum punya telegram.

langkah2nya silahkan buat script dahulu di menu System Script lalu tambahkan script baru , bisa anda namai apa saja , saya contoh disini saya namakan dhcpstatik , script ini akan saya pasang di network statik saya .

Info dahsyat

atau bisa juga supaya hanya tampil di log bisa diganti dengan berikut


:log warning “statikadadhcp”

lalu kemenu ip dhcp client seperti gambar berikut

dan Ok , selanjutkan silahkan test maka anda akan mengetahui segera bahwa ada dhcp lain yang masuk dijaringn, demikian semoga membantu

artikel dalam video bisa anda lihat disini :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.