Strategi Jaga kesehatan bagi para blogger atau pekerja IT

aktivitas malam

Pekerja malam — Sumber gambar : klikdokter.com

Diakui atau tidak bagi para blogger atau pekerja IT pasti lebih asik bila beraktivitas pada waktu malam hari begadang di depan pc/laptop ( nggak semuanya kalee )  bahkan mungkin ada yang sampai membalikkan waktu siang untuk malam , malam untuk siang – kalong kali – hehe .. Dengan pola seperti itu pasti bila kita  ketemu dengan artikel yang membahas tentang bahaya begadang atau tidur larut malam mesti pura-pura nggak lihat , atau pasti nggak baca deh – tak jamin .

Aktivitas dengan siklus seperti ini adalah melawan siklus alami pada umumnya , Meskipun beraktivitas dengan larut malam  merupakan faktor risiko bagi beberapa penyakit, namun hal tersebut sebenarnya hanyalah satu dari beberapa penyebab,  bila kita  memiliki tubuh yang sehat dan prima sejak awal, ya mungkin risiko yang kita miliki juga akan lebih rendah,  betul ga ? .. alangkah baiknya bila kia memperhatikan beberapa hal untuk menjaga tubuh yang prima sejak awal ini .

Sebelumnya mari kita review sedikit deh menurut para ahli kesehatan  penyakit penyakit  apa yang akan timbul bila kita sering begadang , ( begadang rata – rata pasti sambil ngopi dan rokok ) … diantaranya gangguan pencernaan, penyakit jantung, diabetes bahkan kanker , selain itu juga sering dikait kaitkan akan lebih banyak beresiko penambahan berat badan/obesitas, mempengaruhi kadar kolesterol, tekanan darah, hingga penurunan daya ingat dan kemampuan otak, ngeri ya ..

untuk itu perlu kita usaha untuk mencegah timbulnya beberapa penyakit diatas , menurut para peneliti ( copas ) Hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Selain itu, asisten profesor di University of South Florida, Tampa, Amerika Serikat tersebut juga menyarankan orang yang beraktivitas malam agar makan dengan makanan dalam jumlah yang lebih kecil pada beberapa waktu, untuk menjaga energi mereka tanpa makan secara berlebihan.

“Dan pastikan Anda mendapatkan banyak air dan serat – dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Keduanya (air dan serat) baik untuk menekan nafsu makan (saat bekerja pada shift malam),” jelas Wright yang juga merupakan juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, seperti dikutip dari US Health News.

Cara hidup sehat yang kedua bagi para orang yang sering  beraktivitas malam adalah berolahraga di saat-saat senggang setelah beraktivitas. Tidak perlu harus melakukan olahraga yang berat atau yang mengeluarkan biaya. Karena dengan berjalan atau berlari kecil di sekitar lingkungan rumah sudah sangat cukup untuk memberikan kebugaran bagi tubuh dan meningkatkan stamina.

“Ini sangat penting untuk memasukkan olahraga (dalam cara hidup sehat), karena dapat membantu mengimbangi perubahan-perubahan dalam pengeluaran kalori tubuh,” tambah Wright lagi, yang juga menyebut aktifitas berjalan-jalan dengan keluarga juga bisa sebagai pengganti olahraga, karena pekerja  malam biasanya ingin bersama keluarga saat libur.

Sementara itu, Kenneth Wright yang melakukan penelitian bersama rekan-rekannya terkait hubungan antara orang yang beraktivitas malam dengan risiko memperlambat metabolisme tubuh, juga ikut memberikan sejumlah saran. Menurut peneliti senior dari University of Colorado di Boulder, Amerika Serikat itu, waktu tidur yang cukup juga penting bagi pekerja shift malam.

“Kami biasanya merekomendasikan untuk mendapatkan 5-6 jam tidur setelah berakhirnya jadwal shift Anda ( orang yang beraktivitas malam). Kemudian cobalah untuk tidur siang selama sekitar dua jam di kemudian hari, sebelum jadwal shift (malam) berikutnya,” katanya pula.

gimana menurut kawan kawan , kalo saya pribadi lebih menyarankan jangan sambil duduk deh , sebisa mungkin sambil tiduran , karena pengalaman pribadi sambil duduk terlalu lama bikin perut membesar 😀

11174912_976163315727752_4303403940498480035_n

Semoga bermanfaat ya kawan !!! ……..

2 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.