Setting UseeTv Indihome via wireless dengan mikrotik

Sebelumnya saya asumsikan anda sudah mempunyai wireless dengan system wds bridge ( Baca: Setting WDS Bridge wireless ) dari site A ( Lokasi modem indihome ) dan site B ( Misalkan rumah anda ) . Disini alat yang dibutuhkan yaitu 2 buah mikrotik yang nanti akan dipasang di site A dan B , bila sudah mempunyai satu mikrotik yang dipasang di site A maka anda tinggal tambah 1 mikrotik di site B , tipe mikrotik bisa menggunakan apa saja , misalnya saja pake mikrotik Hap Mini yang Murah meriah .

Disini kita akan menggunakan metode dengan EoipTunnel , dimana eoip tunnel ini nanti fungsinya adalah menyisipkan sebuah network yaitu network Useetv yang dimana nanti tidak akan menganggu sistem wireless anda yang selama ini sudah berjalan.

Selanjutnya anda perlu menyiapkan dulu satu Buah Ip untuk dipasang dimikrotik site B yaitu ip yang satu network dengan jaringan anda ( bila network anda menggunakan hotspot dan dhcp  maka statikan  dan binding ip tersebut , Baca : Cara Binding Bypass Ip Hotspot ) sampai disini saya anggap anda sudah membuat satu ip tersebut ya dan saya contohkan disini dengan ip 192.168.38.14.

Langkah awal adalah setting mikrotik di site A , silahkan siapkan kabel lan , tancapkan kabel ke port useetv modem ( biasanya no 4 ) dan ujung satunya ke mikrotik site A , pilih interface yang belum digunakan , contoh punya saya disini adalah di ether 3 . selanjutnya login ke mikrotik lalu ke menu interface List dan tambahkan EoipTunnel Seperti Berikut ini :

tunnel

Create Eoip Tunnel

Name : isi saja misal dengan nama tunnel-TV

Remote address : isi dengan ip yang sudah disiapkan tadi yaitu 192.168.38.14

Tunnel iD : isi saja 1

Selanjutnya ke menu Bridge , lalu tambahkan bridge seperti berikut , Name isi saja misal bridge-UseeTV

untitled

Membuat Bridge

Masih di menu bridge , klik tab sebelahnya yaitu Ports seperti berikut :

untitled

Bridge Ports

tambahkan ( klik tanda Plus ) Interface : pilih No 3 dan Bridge pilih : bridge-Useetv

tambahkan lagi seperti langkah diatas tapi di interface pilih tunnel-Tv

untitled

bridge port tv

Sampai disini setting di mikrotik Site A sudah selesai, selanjutnya setting di mikrotik site B

silahkan login ke mikrotik dan tambahkan addres di menu addrest list di interface radio yang menuju radio penerima dari site A seperti berikut :

untitled

Site B

pasang ip tadi di mikrotik site B Seperti langkah diatas dan pastikan mikrotik site B bisa ping ke mikrotik Site A dengan mencobanya di terminal seperti langkah pada gambar diatas ( Mikrotik Site A saya ip 192.168.38.1

Selanjutnya adalah membuat interface eoip tunnel sama seperti di mikrotik Site A tadi , namun di remote addressnya isi dengan ip mikrotik site A seperti punya saya berikut adalah 192.168.38.1

Site B

Site B

Selanjutnya juga sama seperti langkah tadi yaitu membuat bridge seperti ini :

untitled

UseeTv Indihome via Wireless

Masih sama juga selanjutnya seperti tadi di tab ports tambhkan seperti berikut :

untitled

Interface pilih tunnel Tv dan Bridge pilih bridge 1

Lakukan lagi dan di interface silahkan pilih interface yang belum digunakan contoh saya disini adalah interface 3 :

untitled

Sampai disini setting sudah selesai , langkah selanjutnya adalah pengujian , colokkan kabel lan ke stb dan ke mikrotik site B ether 3 , bila belum berhasil coba cek lagi langkah2nya mungkin ada yang belum tepat . Semoga Bermanfaat

20170615_230736

13 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.