Setting radio sebagai repeiter atau tangkap sebar

ada dari beberapa pemain wireless yang mungkin dikarenakan untuk menghemat budget atau dengan beberapa alasan lain ingin menggunakan radio wireless yang berfungsi sebagai penerima sekaligus menyebarkan sinyal.

sebenarnya cara ini kurang begitu efektif dikarenakan akan mengurangi dari performa radio itu sendiri , radio akan bekerja lebih keras karena aktivitas upload dan download bekerja bersama sama.

ada beberapa jenis dan tipe alat wireless yang support untuk difungsikan sebagai ini , namun disini saya akan menjabarkan dari 3 merk yang sering digunakan yaitu mikrotik , ubiquity dan tp-link.

1. Ubiquity

untuk setting radio ubiquity hampir semua tipe ubiquity bisa dipakai untuk fungsi ini , namun untuk beberapa firmware lama dan baru ada sedikit perbedaan yaitu di sisi tampilan , untuk firmware lama menggunakan mode AP WDS dan yang firmwre baru AP-Repeiter

saya contohkan disini saya menggunakan alat bulletm2hp silahkan langsung login dan masuk ke menu wireless

bulletm2hp

wireless mode : Ap-repeiter lalu masukan mac address radio lawan ( radio lawan juga setting seperti ini dan masukkan mac address radio ini ) . sebaiknya silahkan di site survey dahulu untuk memastikan radio lawan terscan dengan sinyal bagus .

SSID : isikan ssid yang sama dengan radio lawan

Frequency : isikan frequency yang sama dengan radio lawan .

Selesai . apabila settingan sudah benar seharusnya kedua radio sudah dapat terkoneksi , silahkan dicoba dengan melakukan ping ke ip radio lawan . untuk radio yang belum mimo misal nanostation2 di menu wireless diisi dengan mode ap wds  dan parameter lainya hampir sama dengan diatas. contoh

ns2

2. Tp-Link

Info dahsyat

Untuk tp-link disini saya mencontohkan menggunakan radio tp-link seri Tl Wa5210G , silahkan masuk ke menu wireless , basic setting isi seperti berikut

52100 5210setting yang sama dengan memasukkan mac address masing masing radio lawan

 

3. Mikrotik

Radio wireles mikrotik juga sebagian tidak support digunakan sebagai repeiter / wds disini saya contohkan menggunakan mikrotik rb333 ( radio jadul 😀 )

mikrtotik

lalu ke menu wds , isikan parameter seperti berikut ( bisa pilih dynamic bila ingin tanpa memasukkan mac address di kedua sisi )

mt2

Lalu ke menu interface pilih tanda plus dan pilih WDS dan masukkan mac address radio lawan

untitled

dan seharusnya di kedua sisi sudah bisa terkoneksi , silahkan test dengan ping ke sisi radio lawan .

 

apabila andamenggunakan beda seri tipe radio atau merk maka settingan hampir sama dengan diatas , misal tp-link vs mikrotik atau tp-link vs ubiquity , kesemua cara diatas sudah saya terapkan dan sampai saat ini berjalan lancar.

Demikian artikel singkat ini , selanjutnya akan saya bahas satu per satu.

One Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.