Menjadwal Internet di mikrotik mati otomatis

Untuk kepentingan tertentu biasanya admin perkantoran atau admin jaringan apapun untuk kepentingan tertentu supaya internet tidak bisa digunakan diwaktu waktu tertentu.

disini saya akan berbagi sedikit tips cara yang paling mudah untuk mengatur jadwal otomatis internet diskonek dan konek otomatis , saya contohkan disini agar supaya pada pukul 08.00 – 18.00 internet bisa jalan sedangkan pukul 18.01 – 17.59 internet tidak bisa digunakan.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa dipakai tapi kali ini cara yang paling mudah yaitu dengan memanfaatkan time yang ada di simple queue , buat simple queue ( atau kalo sudah ada ) ip tertentu atau blok ip yang dipakai misalnya 192.168.2.0/24 dan limit sesuai kebutuhan anda.

Langkah pertama buat 3 simple queue , kenapa harus 3 simple queue ? karena mikrotik hanya mengenal waktu selama 24 jam, jadi settingnya nanti : simple queue pertama untuk siang hari dari pukul 08-18 simple queue kedua dari pukul 18-00 dan ketiga dari pukul 00-07.59

langsung saja bikin yang pertama seperti berikut :

untitled

Info dahsyat

Limit bandwith sesuai kebutuhan , Saya bikin waktu jeda selama 5 menit karena terkadang eksekusinya mundur .

Simple queue kedua

untitled

di simple queue kedua ini kita beri bandwith 1k. disini sebenarnya internet tetap bisa terakses tapi di kecepatan 1k , kecepatan 1k tidak dapat digunakan untuk apa apa khan ?

simple queue ketiga

untitled

bikin saja seperti contoh diatas atau sesuaikan dengan network anda.

keterangan diatas bahwa simple queue yang merah tandanya tak berfungsi dan akan berfungsi di jam jam yang sudah kita setting.

untuk mikrotiknya tentunya waktunya harus sudah di set waktunya dengan tepat ( Baca : setting waktu otomatis mikrotik )

demikian semoga membantu

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.