Membuat akses antar lokal tidak terlimit di mikrotik

Dalam konfigurasi yang sederhana menggunakan simple queue untuk pembatasan bandwith ke klien di mikrotik menjadi banyak dipilih karena memang simple cara konfigurasinya, namun terkadang sesuatu masalah muncul misalkan hanya mau akses ke ip suatu akses point yang ip terssebut sudah dilimit dan dalam pemakaian penuh maka akses ke ip tersebutpun juga menjadi berat, dipingpun juga akan terlihat membesar.

Di sini kita perlukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membypas antar ip lokal , contoh misalkan ip lokal anda 192.168.1.0/24 dan ip mikrotik sebagai gateway 192.168.1.1 maka bisa menkonfigurasinya dengan menambah new disimple queue seperti berikut :

untitled

dengan contoh seperti diatas maka akses antar lokal akan terlimit sebesar 100Mbps ,. Setelah dibuat lalu taruh posisi queue baru tersebut di nomor paling atas atau nomor 0 , karena mikrotik akan membaca queue di no yang lebih awal .

sama halnya bila mikrotik mempunya beberapa kelas ip yang berbeda, supaya tidak terlimit bisa membuat lagi seperti hal di atas

untitled

dan seperti diatas taruh diurutan atas supaya terbaca dahulu queue ini dibanding queue yang lain

dan ini adalah contoh dari beberapa hasil bypass yang saya buat di router saya

untitled

Semoga membantu !!

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.